Pengembangan sistem pembelajaran: Analisa Kebutuhan

Fungsi analisa kebutuhan (menurut Morisson (2001)):

  1. Mengidentifikasi kebutuhan yang relevan dengan pembelajaran sekarang yaitu masalah apa yang mempengaruhi hasil pembelajaran
  2. Mengidentifikasi kebutuhan mendesak yang terkait dengan finansial, keamanan atau masalah lain yang mengganggu pekerjaan atau lingkungan pendidikan
  3. Menyajikan prioritas-prioritas untuk memilih tindakan
  4. Memberikan data basis untuk menganalisa efektifitas pembelajaran

cartoon2913

Jenis kebutuhan :

  1. Kebutuhan normatif (yang sesuai dengan norma-norma yang ada)
  2. Kebutuhan Komparatif
  3. Kebutuhan Yang dirasakan
  4. Kebutuhan Yang diekspresikan
  5. Kebutuhan Masa depan
  6. Kebutuhan Insidentil yang mendesak

Kebutuhan pendidikan :

Menurut Malcolm S. Knowless bahwa “ An educational need is something a person ought to learn for his own good. For the good of the organization, or for the good of society. It is the gap between their present level of competencies and a higher level required for effective perfomance as defined by themselves, their organization, or society “

Categories: Pascasarjana, Teknologi Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: