Landasan Psikologis Pendidikan

Oleh : Armansyah

Psikologis sendiri berasal dari bahasa Yunani :

Psyche berarti ”jiwa”, dan logos berarti ilmu. Jadi ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan manusia. Kondisi psikologis sendiri adalah  kondisi karakteristik psikofisik manusia sebagai individu yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku dalam interaksinya dengan lingkungan.

Perilaku merupakan manifestasi dari ciri-ciri kehidupan baik yang  tampak maupun tidak tampak –> perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik

Setiap anak manusia adalah unik, dan setiap keunikan ini bisa berhubungan dengan keberhasilan pendidikannya. Beranjak dari sini, lahirlah ilmu psikologi pendidikan atau educational psychology. Dalam ilmu ini dipelajari secara sistematis proses dan hal-hal yang sehubungan dengan pendidikan berdasarkan kondisi kejiwaan setiap manusia sesuai dengan tahap usia perkembangannya masing-masing.

Misalnya di SD kelas rendah (seperti kelas 1, 2 dan 3),metode  pembelajaran paling cocok adalah menggunakan pendekatan tematik/ terpadu bukan subject matter. Ini dilandasi oleh psikologi pendidikan. Contoh kasus lainnya adalah pola kurikulum di PAUD yatu bermain sambil belajar.

Categories: Teknologi Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: