Dasar-dasar Teknologi Pendidikan: Review perkuliahan bersama Prof. Yusufhadi

Oleh : Armansyah

Teknologi Pendidikan/ Educational Technology : is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using and managing appropriate technological processes and resources

A visual summary of key elements of the current defenition of Educational Technology

Ada 6 bidang terapan Teknologi Pendidikan :

  1. Desainer pembelajaran
  2. Pengembangan bidang pembelajaran
  3. Manager/ Kepala Sekolah
  4. User dibidang pembelajaran dan pendidikan
  5. Evaluator
  6. Peneliti

Setiap bangunan perlu fondasi dasar, perubahan adalah sesuatu yang pasti dan harus terjadi, begitupula dengan Teknologi Pendidikan.

Landasan Teknologi Pendidikan (the Foundation of Educational Technology) based on Prof. Yusufhadi Miarso, M.Sc :

1)      Landasan filsafat –> getting knowledge as a dicipline (ontologi : what, epistemologi: how, aksiologi: why)

        3 sisi belajar :

  • Apa itu belajar dan apa yang perlu dipelajari?
  • Mengapa dipelajari?
  • Bagaimana cara mempelajarinya?

2)      Landasan teori dan konsep pendidikan –> long life education, relationship between man dan lingkungannya/environment

3)      Landasan ilmiah dan penelitian –> kebenaran ilmiah (berupa idealism, rationalism dan empiricism), pendekatan penelitian (berupa positivism dan post-positivism)

4)      Landasan teori psikologi –> psikologi umum (such as intelejensia, motivasi, persepsi, minat dst), psikologi terapan (such as psikologi pendidikan, sosial, massa, komunikasi)

5)      Landasan teori belajar –> perkembangan kemampuan, kognitif, pemrosesan informasi, behavioris, humanis, konstruktivis

6)      Landasan teori dan teknologi komunikasi –> hakekat komunikasi, model komunikasi, saluran komunikasi, proses dan hasil komunikasi serta sinergi dengan teknologi informasi

7)      Landasan teori Teknologi Informasi –> informasi analog, digital, pemrosesan data, pengolahan, penyimpanan informasi dan sinergi dengan teknologi komunikasi

8)      Landasan teori ekonomi dan manajemen –> teori ekonomi dasar, makro, manajemen sdm, manajemen sda dan buatan, manajemen organisasi, manajemen jaringan

9)      Landasan teori dan konsep sistem –> general system’s theory, hakekat system, pendekatan system, berpikir system

       3 macam system :

  1. Sistemik –> Holistik/ pendekatan menyeluruh
  2. Sistematik –> Berurutan (model : AàZ atau Zà A)
  3. Sinergistik –> Nilai tambah

10)   Landasan teori dan konsep organisasi –> organisasi klasik, sistem terbuka, teori kemungkinan, sosia-teknikal, organisasi belajar, dinamika organisasi, konsep kesukuan, konflik, simbolik dll

11)   Landasan empirik dan praktis –> empirik : sesuatu yang diamati atau dialami, praktis : sesuatu yang dilakukan

12)   Landasan historis –> dimancanegara, di Indonesia dan perspektif konseptual

Categories: Pascasarjana, Teknologi Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: