Filsafat dan Profesionalisme Guru

Landasan Filsafat dan Profesionalisme Guru

Filsafat diambil dari bahasa Yunani yaitu φιλοσοφία yang berartikan Philosophy dalam bahasa Inggris atau cinta terhadap kebenaran dalam bahasa Indonesianya. Pengertian filsafat sendiri menurut ensiklopedi bebas Wikipedia adalah is the study of general and fundamental problems, such as those connected with reality, existence, knowledge, values, reason, mind, and language. Philosophy is distinguished from other ways of addressing such problems by its critical, generally systematic approach and its reliance on rational argument. [http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy]

Berkaitan dengan istilah profesionalisme guru, maka ada baiknya kita melihat dulu apa arti dari masing-masingnya menurut Undang-Undang yang berlaku dan mengaturnya.

Undang-undang no. 14 tahun 2005 BAB 1, Pasal 1 Ayat 1 :

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,  mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

UUSPN no. 20 tahun 2003 BAB XI, Pasal 39 Ayat 2 :

Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

Undang-undang no. 14 tahun 2005 BAB 1, Pasal 1, Ayat 4 :

Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Kesimpulannya secara singkat adalah Guru sebagai seorang tenaga pendidik dan pengajar ikut berperan serta dalam melaksanakan tugas tersebut sebagai tenaga profesional yang harus selalu meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan dirinya selaku contoh bagi muridnya. Guru adalah simbol dari sosok pencinta ilmu yang bijaksana.

Categories: Undang-undang | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: